Selasa, 03 Agustus 2010

Menyongsong Peringatan 17 Agustus di kampungku.

                               Sekarang adalah hari kemerdekaan Indonesia yang ke 65. bermacam-macam orang, kelompok, desa dalam memperingatinya. acara yang paling ritin di tingkat desa adalah, upacara bendera di lapangan balai desa dengan diikuti semua perangkat desa serta masyarakat.
Pada malam 17 agustusnya, sekarang sudah menjadi trend setiap RT/RW atau paling tidak di balai desa di adakan malam tirakatan. minimal malam tasyakkuran. dengan acara-acara yang sederhana, misalnya menyanyikan lagu kebangsaan, ceramah sejarah oleh sesepuh desa, tahlilan, mendoakan para pejuang sampai kepada khatmil qur’an. bermacam-macam memang, masyarakat dalam memperingatinya.
                         
Kegiatan yang diperingati  tahun  ini,agak berbeda dengan biasanya karena bersamaan dengan  umat Islam menunaikan ibadah puasa .Jadi kegiatannya  ya secara otomatis berkurang banyak                  Di tingkat RT sudah saatnya digunakan untuk hal yang lebih inovatif. misalanya ceramah kebangsaan, diskusi dan evaluasi kemerdekaan. misalnya evaluasi di bidang pembangunan desa atau pembangunan secara umum. ini dimaksudkan, mengambil moment tersebut sebagai motivasi masyarakat untuk terlibat aktif dalam proses pembangunan dan kebijakan, minimal ditingkat desa. sudah menjadi kebiasaan di masyarakat desa kita, kurang aktif terlibat dalam urusan kebijakan, rembug desa tetapi bilamana terdapat kebijakan desa yang tidak pas menurutnya, baru komplain dan ngrasani pemerintah desa. agaknya, budaya seperti ini harus diubah. begitu juga upaya pemerintah desa dalam mendorong masyarakat untuk terlibat dalam proses pembuatan kebijakan serta pengawasan pelaksaanan program desa juga harus dilakukan pemerintah desa. ini juga dalam rangka membangun demokrasi benar benar dari bawah.
Jika pemerintah desa tidak proaktif terhadap masyarakat dalam menumbuhkan aspirasinya, maka bisa jadi dalam perjalanan program desa tidak begitu maksimal karena kurang didukung masyarakat. pelibatan ini penting, khususnya agar masyarakat mengetahui arah kebijakan dan penggunaan APBD  desanya. banyak desa menggunakan dana perimbangan dari pemerintah daerah seperti ADD (Alokasi Dana Desa)yang hampir mencapai 100 jutaan rata-rata di desa desa di Jatikerti Kecamatan Kromengan Kab. Malang, digunakan untuk pembangunan fisik saja missalnya jalan, gapura, pagar desa, renovasi balai desa dll. nyaris habis untuk pembangunan fisik saja. pelibatan masyarakat sangat perlu, untuk mewadahi aspirasi mayoritas, dimana ini juga untuk menghindari kecurigaan-kecurigaan dalam pelaksanaan pembangunan fisik. tidak jarang pembangunan fisik menyisakan banyak masalah di desa, terutama bilamana desa mendapat bantuan dari propinsi dan pusat. entah itu dari proses lelangnya, wujud fisiknya, perawatannya dsb.
Moment malam tirakatan 17 agustus adalah moment yang sangat tepat untuk terjadinya rembug desa. ini dikarenakan moment tersebut lebih banyak di hadiri oleh masyarakat RT dari pada forum RT lainnya.
                                   Keterlibatan masyarakat jelas sangat penting datang dari upaya pemerintah desa maupun masyarakat itu sendiri. forum kenegaraan inilah yang memungkinkan untuk menyadarkan keterlibatan masyarakat dalam pembangunan. tentu, tujuan utamanya adalah mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur serta merdeka dengan semerdeka-merdekanya. seperti pembangunan merata, pendidikan merata, kesejahteraan merata, dsb. barangkali, ini juga salah satu citacita para pejuang kemerdekaan 1945. jadi, tidak hanya memperingati 17 Agustus dengan seremonial saja. terlebih, kegiatan-kegiatan tambahan, seperti lomba, hiburan mestinya dilaksankan dengan tidak berlebihan. jika desa, dalam memepringati 17 Agustus dihabiskan untuk lomba dan hiburan, maka justru pengetahuan masyarakat akan cita-cita pejuang 45, dan UUD 45 serta Pancasila akan semakin jauh dipahami.
Namun pada tahun ini agaknya peringatan 17 Agustus bersamaan dengan Umat Islam menjalankan ibadah Puasa jadi kegiatan  lomba rupanya ditiadakan karena semua warga lagi menjalankan ibadah puasa .

selengkapnya

0 komentar:

Selamat Tahun Baru 2013 !!! .

 
Powered by Blogger