Senin, 16 Agustus 2010

Malam Tirakatan 17 Agustus 2010 di RT 43 Rw 04 Kepanjen Permai II

                                Malam tirakatan 17  AGUSTUS 2010 selalu memberikan suasana berbeda di kampungku (RT 43 (begitu juga Rt /Rw lainnya). Selain setiap rumah mengibarkan bendera  merah putih di depan rumah, setiap sudut jalan juga diramaikan dengan bendera berbagai ukuran dan warna yang bervariasi. Tidak kalah pentingnya, karena setiap kampung mengadakan acara malam tirakatan yang biasanya diramaikan acara tumpengan dan sambutan ketua RT,namun acara pada malam tersebut agak berbeda karena bersamaan dengan bulan puasa.
                                Beberapa hari sebelum malam tirakatan biasanya rumah kami didatangi oleh bapak-bapak yang mengedarkan undangan. Undangan itu berisi ajakan untuk mengikuti jalan sehat, berbagai lomba untuk anak-anak.
                               Semua warga sudah berkumpul di jalan depan rumah pak RT sejak pukul 20.00 WIB. Kami memang datang lebih awal supaya bisa mendapatkan tempat duduk yang enak,  malam tirakatan selalu diadakan di depan jalan rumah pak RT.  Sejak pagi bapak-bapak yang menjadi panitia di kampung kami sudah menyiapkan berbagai keperluan yang akan dipergunakan dalam acara malam tirakatan tersebut misalnya : tikar,karpet.lampu dan pengeras suara /salon. Acara diawali dengan doa dan menyanyikan lagu Indonesia Raya
                                Acara selanjutnya adalah pembacaan/riwayat singkat tentang cerita tokoh daerah yang dibawakan oleh sesepuh kampung ( P.Mulyono ) dan kemudian ditutup dengan doa dan terakhir adalah acara makan-makan, dengan pembagian tumpeng yang sudah dipersiapkan oleh ibu ibu PKK Rt 43 Di sudut lain tampak beberapa ibu-ibu sedang menyiapkan kue-kue pisang dan buah segar antara lain jeruk ,semangka dan lain lain, aku sudah terlalu kenyang sehingga berencana untuk membawa seplastik kue . Lagipula aku sudah menyiapkan sebuah kantong plastik bersih untuk membawa pulang makanan.acara berakhir pukul 23.00 dan warga kemudian membubarkan diri kerumah masing masing.
selengkapnya

Selamat Tahun Baru 2013 !!! .

 
Powered by Blogger