Secara umum kegiatan KKG dapat memberikan manfaat sebagai
berikut:
- Sebagai tempat pembahasan dan pemecahan masalah bagi para guru yang mengalami kesulitan dalam kegiatan pembelajaran.
Masalah-masalah yang dihadapi oleh guru
dalam proses pembelajaran di kelas tentu beragam bentuk dan modelnya.
Penganganan terhadap setiap persoalanpun untuk mencari jalan keluar jelas akan
berbeda dengan persoalan lainnya. Dapat dipahami bahwa semua guru belum tentu
berpengalaman seperti layaknya guru-guru senior yang mungkin saja memiliki
lebih banyak teknik dan cara-cara dalam mengatasi persoalan terlebih-lebih
persoalan belajar mengajar. Untuk itulah guru-guru baru atau guru lain yang
memiliki persoalan yang menurutnya sulit dapat dipecahkan melalui KKG dengan
cara berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan guru lainnya.
- Sebagai wadah kegiatan para guru yang tergabung dalam satu gugus yang ingin meningkatkan profesionalnya secara bersama-sama.
Peningkatan profesional guru memang
suatu keharusan, dan sekolah pada dasarnya mempunyai kewajiban dalam hal itu.
Akan tetapi melalui KKG kewajiban sekolah dalam peningkatan kualitas guru dapat
diwujudkan. Jadi sekolah tidak terlalu repot mengadakan berbagai macam
pelatihan, cukup dengan mengutus gurunya mengikuti program KKG.
- Sebagai tempat penyebaran informasi tentang pembaharuan pendidikan khususnya yang berkaitan dengan usaha peningkatan hasil belajar.
Penigkatan hasil pembelajaran melalui
pembaharuan pendidikan dapat diwujudkan melalui KKG. Caranya adalah menyerap
informasi sebanyak-banyaknya tentang format-format dan strategi pembaharuan
pendidikan yang kemudian dapat diaplikasikan atau dipraktekkan di sekolah
masing-masing.
- Sebagai pusat kegiatan praktek pembuatan alat peraga, penggunaan perpustakaan serta perolehan berbagai keterampilan mengajar maupun pengembangan administrasi kelas.
Perbedaan materi ajar mengakibatkan
adanya perbedaan alat peraga yang digunakan. Guru harus jeli menggunakan setiap
alat peraga yang akan digunakan dalam PBM, sebab kalau tidak alat peraga
bukanlah menambah efektivitas pembelajaran akan tetapi berpeluang menjadi sumber
gangguan dalam pembelajaran. Disisi lain guru mungkin saja masih banyak yang
tidak menggunakan alat peraga sebagai alat bantu belajar padalah hal itu sangat
penting. Untuk itulah melalui KKG beberapa keterampilan dalam membuat alat
peraga atau keterampilan lainnya dapat dipelajari. Mengenai hal ini Nadriansyah
mengatakan: Melalui kelompok kerja yang dimaksud banyak kreativitas yang dapat
dikembangkan, seperti merancang pengajaran, merancang alat peraga, merumuskan
mekanisme KBM dan membuat rumusan tata cara menindak lanjuti hasil karya guru
dan siswa.
- Memberikan kesempatan kepada guru yang kreatif dan inovatif untuk berbagi pengetahuan, wawasan, kemampuan dan keterampilan profesional kepada sesama teman sejawat dan mendiskusikan untuk memperoleh sesuatu yang lebih baik dalam usaha meningkatkan mutu pengetahuan, wawasan, kemampuan dan keterampilan.
0 komentar:
Posting Komentar