Jumat, 27 September 2013

Kasiat Buah Kurma

Kurma bukanlah buah yang asing di Indonesia saat Ramadan. Kebanyakan muslim akan memilih kurma sebagai teman saat berbuka dengan teh hangat.

Selain sudah menjadi kebiasaan Nabi dalam mengonsumsi kurma, buah ini memang mengandung khasiat dan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh kita. Bukan hanya buahnya, hampir seluruh bagian dari pohon kurma sangatlah bermanfaat.

Tradisi keramahan Bangsa Arab biasanya disimbolkan dengan secangkir kopi Arab, hasil tumbukan kopi asli Arab dengan cardamon, dan tidak lupa, kurma. Di Arab sana, pohon kurma berdiri tinggi, tegak dengan batang dan cabang memecah langit ditopang oleh akar kuat yang mengikat pada bumi.

Pohon kurma tumbuh sangat subur hampir di tiap sudut jalan Arab Saudi. Selain itu, kurma merupakan simbol dari kesuburan dan kemakmuran.

Kurma memang sangat terkenal khasiat dan keberadaannya. Terkadang juga orang menyebutnya dengan sebutan buah dari surga atau juga pohon kehidupan. Menurut oregonstate.edu, pohon kurma dikenal juga sebagai sebuah pohon yang tiap bagiannya berguna untuk kehidupan.

Sejak zaman dahulu kala, kurma sudah menjadi sumber pangan utama di daerah Timur Tengah. Kurma merupakan penyedia energi, yang dengan mudah dicerna perut manusia dan sangat baik dikonsumsi ketika perjalanan. Itulah sebabnya mengapa tradisi nabi menggunakan kurma sebagai menu Ramadan dan makanan primer.

Bangsa Arab dulu sangat terkenal dengan kesehatan dan kebugaran mereka di antara ras manusia yang ada. Mereka dilaporkan terbiasa mengonsumsi kurma hingga 6 pound tiap harinya. Menemani kelezatan dan kemanisannya, susu menjadi pilihan tepat untuk melembutkan rasa manis kurma.

Setiap bagian dari pohon kurma dapat dimanfaatkan. Zaman kuno dulu, daunnya biasa digunakan sebagai bahan dasar atap gubuk orang-orang gurun pasir. Selain itu daunnya juga bisa dibuat sebagai wadah penyimpanan, topi untuk melindungi kepala dari terik dan ekstrimnya cuaca di gurun, dan juga untuk membuat karpet.

Kini, orang modern cenderung memilih kayu-kayu dari pohonnya, dan daun kurma yang menyimpan serat kain untuk pembuatan rumah dan pagar. Daun kurma sering juga dijadikan sebagai tali, wadah, dan furnitur rumah. Menurut agronomy.ucdavis.edu, tangkai buah kurma bisa juga disulap menjadi bahan bakar.

Masih terlalu banyak kegunaan dari pohon kurma yang belum dikembangkan. Menurut Popenoe dalam bukunya yang berjudul Date Growing: in the Old World and the New dalam oregonstate.edu, setidaknya ada 360 manfaat yang dapat dipetik dari pohon kurma. Popenoe juga menambahkan jika memberi kurma pada hewan ternak dapat meningkatkan kelancaran susu yang dihasilkan.

Secara nutrisinya, kurma merupakan makanan yang lengkap dan sehat sebagai sumber energi. Kurma mengandung pemanis alami, kaya akan serat dan rendah kolesterol. Kandungan zat besi juga sangat tinggi, kandungan potasiumnya bahkan lebih tinggi daripada buah pisang. Rata-rata satu biji kurma mengandung 23 kalori, kaya vitamin seperti B6, niacin, folat dan asam panthothenic.

Lalu kurma juga mengandung banyak mineral seperti fosfor dan magnesium. Lebihnya lagi, buah Arab ini bebas lemak, kolesterol dan sodium. Lima hingga enak kurma sama dengan semangkuk salad buah (menurut piramida makanan milik United States Departement of Agriculture). selengkapnya

0 komentar:

Selamat Tahun Baru 2013 !!! .

 
Powered by Blogger